Bagaimana Cara Menemukan Bakat Seseorang

    
Bakat adalah sebuah talenta dari tuhan yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan diri. Bkat itu berupa pola pikir, kepandaian dan kemampuan yang kita miliki sejak lahir. Walaupun kita memiliki talenta, jika kita tidak berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan tuhan akan menjadi sia-sia. Jadi usaha dan talenta adalah jalan untuk sukses bagi sorang didalam kehidupannya.
Sudahka anda mengetahui bakat yang dimiliki? Namun jika belum tahu apa bakat yang dimiliki, belum terlambat mngetahuinya. Anda hanya butuh enpat kunci berikut untuk mengeluarkan potensi yang sesungguhnya.
1. Keahlian
Pernakah anda mempelajari ssuatu yang benar-benar baru dan ternyata anda dapat menguasainya dengan mudah ? Atau mengerjakan sesuatu lebih cpat dari rekan yang lain? Bisa jadi, itulah bakat yang sedang memanggil, menunggu Anda melepaskan dan mengembangkannya.
Jika Anda dengan mudah bisa menyeleaikan sebuah prhitungan saat orang lain menyumpai kalkulator, itu artinya bakat anda sebagai seorang angkutan atau bangker sedang berusaha muncul dan mnyapa anda. Nah. pikirkanlah hal-hal yang begitu mudah bagi Anda tetapi tidak bagi teman-teman. Kmudian perhatikan bakat apa yang tengah bekerja pada diri anda.
2. Ketertarikan
Cara lain menemukan bakat adalah dengan memikirkan hal-hal yang begitu anda inginkan. Seringkali hal-hal yang menarik perhatian selalu berkaitan dengan kemampuan alami atau bakat. Ini merupakan suatu pola konsisten dalam hidup dan bukan sekedar cara menghabiskan waktu alias hobi semata.
Nah. cobah pikirkan apa yang paling anda ingin lakuakan seharian? Mnonton film? Melati hewan/ Menata barang? Memainkan alat music? Atau menbaca buku? Sesuatu itu tidak harus yang menjadi ambisi Anda, meski ambisi merupakan petunjuk kuat adanya bakat yang sedang bekerja.
3. Kepuasan
Apa yang menbuat anda merasakan kebahagian dan kepuasan dalam bekerja? Pekerjaan apa yang membuat anda begitu hanyut dan merasa tak aingin berhenti saat mnegerjakannya? Bagi para atlet, perasaan hanyut ketika mereka berolaraga. Sementara bagi ahli kumputer, perasaan hanyut ketika mereka menghadapi piranti lunak.
Dalam keadaan hanyut, kita memang menjadi sangat terfokus pada kesmpatan untuk menggunakan bakat. Alhasil, pola gelombang otak kita saat itu begitu mirip dengan pola glombang otak ketika kita tertidur lelap. Nah, sekarang apa yang membuat anda terhanyut? Jika anda belum juga menemukan, pikirkan seatu kegiatan yang membuat Anda terlibat spenuhnya. Mungkin bakat anda ada disana.
4. Kebiasaan
Pernakah Anda dipuji karena kemampuan atau sikap Anda? Misalnya, orang menilai Anda sebagai kariawan yang sangat teratur atau ide pemasaran Anda sangat hebat, atau anda pendengar yang baik, dan lain sbagainya. Lewat komentar orang-orang di sekitar, Anda juga bisa mengetahui kemampuan alami Anda.
Keterampilan alami memang bisa muncul dalam berbagai cara. Namun kadang kita menganggapnya biasa saja  karena keterampilan itu sudah sangat melekat sehingga hampir tak disadari kehadirannya.
Lalu bagaimana mengenali bakat itu? Cobah cermati apa yang membuat orang trtarik pada Anda, mengenali Anda atau terfokus pada Anda? Apakah Anda menjadi tempat curahan hati teman-teman? Atau mereka selalu meminta pendapat Anda soal pakaian? Nah. di sanalah bakat anda tersinpan. Anda hanya perlu mencari kesempatan untuk mengembangkannya.

Sekian dulu sobat, semoga aja dapat bermamfaat. Artikel: JakartaLantern.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada sembarang pertanyaan silahkan komentar disini.